Pengertian Dan Sejarah Ponsel

Pengertian Dan Sejarah Ponsel

Pengertian Ponsel atau Handphone merupakan alat telekomunikasi elektronik yang bersifat dua arah dimana masing-masing dapat dibawa kemana-mana dan mempunyai sebuah kemampuan untuk mengirimkan pesan-pesan berupa suara. Ini adalah pengertian Ponsel atau Handphone secara garis besar.

Saat ini anda sudah mengenal tentang istilah Smartphone atau Ponsel Pintar. Sebutan baru untuk Handphone yang berfungsi sebagai media guna melakukan tentang banyak hal dimana sebelumnya Handphone biasa dipakai untuk melakukan hal – hal lain yang berhubungan dan mampu dilakukan melalui alat ini.

Sekarang ini Handphone sudah mengalami perkembangan yang sangat canggih dimana sejak awal ditemukan telah mengalami sebuah perjalanan yang cukup panjang hingga memiliki multi fungsi seperti saat ini.

Ada Ponsel, Telepon Genggam atau Handphone yang merupakan seperangkat komunikasi yang dilakukan jarak jauh dan mempunyai fungsi dasar yang sama seperti dalam pemanfaatan Telepon Konvensional atau dikenal dengan istilah Telepon Kabel, namun Handphone bersifat ‘mobile’ (dapat dibawa kemana – mana).

Nah berdasarkan atas penjelasan dari kami tersebut di atas, secara umum Ponsel termasuk ke dalam kelompok gadget atau Handset.

Di Indonesia telah banyak memakai dan memanfaatkan dua model jaringan untuk Handphone antara lain jaringan GSM dan CDMA.

Sedangkan sistem kerja pada Handphone untuk pertama kalinya diciptakan dan ditemukan oleh seorang ahli di bidang ini yang pernah bekerja dengan Motorola yaitu Martin Cooper pada tanggal 3 April tahun 1973.

Versi lain meyakini bahwa yang pertama kali menemukan alat tersebut di atas adalah sebuah tim yang ahli di bidangnya dari sebuah divisi teknisi pada Perusahaan Motorola dimana divisi bersangkutan merupakan tempat dimana Martin Cooper pertama kali bekerja sebagai karyawan teknisi, dengan menciptakan langkah awal bertipe DynaTAC. Adapun isu – isu yang diangkat pada saat itu adalah tentang sebuah perangkat komunikasi mini dimana nantinya dapat digenggam serta bersifat ‘fleksibel’ yaitu dapat dibawa kemana – mana oleh orang yang bersangkutan akan berkunjung.

Dari uraian tersebut di atas maka diharapkan bisa memperkaya khasanah pengetahuan anda tentang Ponsel dan dunia gadget secara garis besar. Ini dapat dijadikan sebagai sebuah landasan di dalam menentukan jenis – jenis Handphone yang dirasa pas sebagai perangkat bantu untuk keperluan sehari – hari.

Meskipun perkembangan gadget saat ini sudah sangat maju namun pada beberapa tempat sering dijumpai para calon pengguna merasa kebingungan tatkala hendak membeli sebuah Ponsel.

Fenomena ini tentulah cukup unik dimana beberapa penyebabnya adalah karena pada seseorang memiliki budget pas – pasan yang dalam kondisi seperti ini tidak memiliki banyak pilihan namun terjadi pada orang – orang dengan mempunyai budget berlebihan seharusnya mampu membeli Ponsel seperti tipe yang diinginkan tanpa merasa khawatir akan ketiadaan / kekurangan dana tetap saja merasa kesulitan karena ‘realita’ pasar gadget saat ini memiliki banyak pilihan dan tumbuh sangat pesat dengan di dalamnya terdapat banyak produsen turut memegang peranan penting dalam menyediakan layanan fasilitas yang dimaksud kepada calon pembeli, masing – masing produsen tersebut acapkali secara rutin akan meluncurkan Handphone yang memiliki kemiripan sama antara satu dengan yang lainnya.

Baik itu dari sisi desain / tampilan, spesifikasi ataupun harga yang berbeda – beda antara para pesaing, kadang – kadang membuat calon pemakai menjadi kebingungan, nah pada situasi seperti inilah dibutuhkan kejelian dalam hal mengidentifikasi keperluan anda terhadap sebuah Handphone apakah mutlak wajib dilakukan. Hindari membeli perangkat yang tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

Kehadiran Ponsel sebagai perangkat genggam sangat membantu anda dalam hal melakukan komunikasi. Harga – harga yang ditawarkan sejalan dengan spesifikasi yang dioperasikan. Di samping dari sisi harga, bagian – bagian seperti luas layar, memori, sensor kamera serta konektivitas di dalamnya merupakan fasilitas yang perlu mendapatkan perhatian khusus ketika anda memutuskan hendak membeli sebuah Handphone.

Dewasa ini Handphone banyak mengalami perluasan fungsi dimana bermanfaat secara efektif di dalam menjembatani komunikasi yang terjadi jarak jauh, saat ini telah sukses menghadirkan fasilitas lainnya di dalamnya. Fitur – fitur yang dimaksud mampu menjadi daya tarik utama seperti adanya fasilitas kamera, game, internet, GPS, TV serta fitur – fitur lainnya dapat dijadikan sebagai objek favorit untuk para calon pemakai.

Pengembangan teknologi Handphone sudah sukses mencapai puncaknya dengan menghadirkan Ponsel Pintar / Smartphone serta Tablet merupakan sebuah bukti nyata bahwa kecanggihan teknologi komunikasi terhadap perangkat berbasis Ponsel saat ini semakin maju. Pada Handphone dan Tablet sama – sama memiliki sistem kerja yang mirip antara satu dengan lainnya dimana keduanya dijalankan oleh sebuah program / ‘software’ yang dikenal dengan istilah sistem operasi.

Contoh sistem operasi terhadap Handphone  dan Tablet adalah Android, iOS / Apple, Windows Mobile, Symbian, Java, Firefox, Blackberry, dan Sailfish. Masing – masing sistem operasi yang bersangkutan memiliki tugas untuk melakukan eksekusi perintah terhadap seperangkat gadget yang berbasis Ponsel.

Demikian kami menjelaskan tentang pengertian dan sejarah Ponsel untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahuan umum tentang perkembangan gadget, semoga bermanfaat !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *